Struktur Organisasi

Kepala Dinas
Tugas : 

  1. Merumuskan kebijaksanaan Bupati di Bidang Koperasi dan Usaha Mikro , Kecil dan Menengah ;
  2. Mempelajari dan Menjabarkan Peraturan Perundang – undangan yang berlaku sesuai bidang Tugasnya ;
  3. Merencanakan program kerja dan kegiatan di bidang Koperasi dan Usaha mikro , kecil dan menengah ;
  4. Mengusulkan anggaran belanja dan mengendalikan realisasi keuangan ;
  5. Merumuskan sasaran dan kebijakan teknis operasional pelaksanaan tugas ;
  6. Mengkoordinasikan pelaksanaan program kerja dengan Dinas / Instansi terkait ;
  7. Membina dan mengarahkan pelaksanaan tugas bawahan ;
  8. Mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan ;
  9. Merencanakan , merumusan dan menetapkan kebijaksanaan teknis bidang pemberdayaan Koperasi ;
  10. Merencanakan , merumuskan dan menetapkan kebijaksanaan teknis bidang pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah ;
  11. Merencanakan , merumuskan dan menetapkan kebijaksanaan teknis bidang pengawasan dan pengembangan sumber daya manusia ;
  12. Merencanakan , merumuskan , dan menetapkan kebijaksanaan teknis bidang kesekretariatan ;
  13. Melaksanakan pembinaan teknis dan Pengawasan terhadap unit pelaksana teknis Dinas Koperasi dan Usaha mikro , kecil dan menengah ;
  14. Melaksanakan pembinaan terhadap kelompok jabatan fungsional khusus yang menjadi tanggung jawabnya ;
  15. Memantau, mengevaluasi dan menilai hasil pelaksanaan tugas bawahan;
  16. Memberikan saran, pendapat , dan pertimbangan kepada bupati
  17. Melaporkan pelaksanaan program dan kegiatan kepada Bupati sesuai ketentuan yang berlaku ;
  18. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan atas perintah Pimpinan .


Sekretaris 
Sekretaris mempunyai rincian tugas sebagai berikut : 

  1. Merencanakan Program kerja dan rencana kegiatan kesekretariatan .
  2. Mempelajari dan menjabarkan perintah atasan serta peraturan perundang – undangan yang berlaku sesuai bidang tugasnya ;
  3. Merencanakan usulan anggaran belanja kegiatan kesekretariatan
  4. Merencanakan, Mengatur dan Mengendalikan teknis operasional tugas – tugas umum dan kepegawaian Dinas Koperasi dan UMKM
  5. Merencanakan, mengatur dan mengendalikan teknis operasional tugas – tugas keuangan Dinas Koperasi dan UMKM .
  6. Merencanakan, mengatur dan mengendalikan teknis operasional tugas –tugas program Dinas koperasi dan UMKM .
  7. Menghimpun dan menyusun usulan anggaran belanja dari bidang – bidang ;
  8. Mengkoordinasikan pelaksanaan program kerja kepegawaian dan diklat dengan dinas / instansi terkait .
  9. Membina dan mengarahkan pelaksanaan tugas bawahan .
  10. Memantau , mengevaluasi dan menilai prestasi kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas sesuai peraturan yang berlaku .
  11. Memberikan petunjuk dan pengarahan kepada bawahan .
  12. Membagi dan mendistribusikan tugas kepada bawahan .
  13. Memantau , mengevaluasi , dan menilai pekerjaan bawahan ;
  14. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada atasan sesuai bidang tugasnya ;
  15. Memberikan saran , pendapat dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya dan
  16. Melaksanakan tugas tugas kedinasan atas perintah Pimpinan .

Sub Bagian Program 

  1. Merencanakan Program kerja dalam kegiatan penyusunan program
  2. Merencanakan usulan anggaran belanja kegiatan penyusunan program
  3. Mempelajari dan menjabarkan perintah atasan , peraturan perundang –undangan dan petunjuk pelaksanaan / petunjuk teknis yang berlaku sesuai bidang tugasnya ;
  4. Membagi dan mendistribusikan tugas kepada bawahan ;
  5. Melaksanakan kerja sama dengan sub bagian dan seksi lain di lingkungan dinas Koeprasi dan UMKM ,
  6. Memberikan petunjuk dan arahan pelaksanaan tugas bawahan
  7. Memantau , mengevaluasi dan menilai tugas bawahan
  8. Membuat rencana Strategik ( Renstra ) Dinas koperasi dan UMKM
  9. Menyiapkan bahan penyusunan rencana kerja anggaran murni dan perubahan Dinas Koperasi dan UMKM
  10. Menyusun laporan perkembangan kinerja program dan kegiatan dinas Koperasi dan UMKM
  11. Menyusun Laporan Akuntanbilitas kinerja dan kinerja Aparatur serta laporan akhir masa jabatan
  12. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas kepada atasan
  13. Memberikan saran , pendapat dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya dan
  14. Melaksanakan tugas tugas kedinasan atas perintah pimpinan.

Sub Bagian Keuangan 

  1. Menyusun program kerja dan rencana kegiatan keuangan ;
  2. Menyusun usulan rencana anggaan belanja / kegiatan keuangan
  3. Mempelajari peraturan perundang – undangan dan pedoman pelaksanaan / petunjuk teknis yang berlaku esuai bidang tugasnya .
  4. Menjabarkan perintah atasan dan membagi tugas kepada bawahan .
  5. Melaksanakan kerja sama dengan sub. Bagian lain / instansi terkait sesuai bidang tugasnya ;
  6. Memberikan petunjuk dan arahan pelaksanaan tugas bawahan .
  7. Memantau , mengevaluasi dan menilai pekerjaan bawahan
  8. Mengumpulkan, mengolah dan menyusun daftar usulan rencana anggaran belanja dinas Koperasi dan UMKM Kab . Pati
  9. Menyiapkan bahan penyusunan petunjuk teknis surat perintah pembayaran ( SPP ) , surat perintah membayar ( SPM ) dan surat perintah pencairan dana ( SP2D )
  10. Menyiapkan usulan pejabat penatausahaan keuangan , bendahara pengeluaran dan bendahara pengeluaran pembantu
  11. Mengelola, menyimpan dan membukukan realisasi keuangan serta menyusun dokumen keuangan
  12. Melaksanakan analisa terhadap usulan anggaran pendapatan dan belanja Dinas Koperasi dan UMKM Kab . Pati
  13. Melaksanakan pembinaan pengadministrasian keuangan pada sub bagian / seksi di lingkungan Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Pati
  14. Melaksanakan Koordinasi dan evaluasi terhadap kinerja keuangan Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Pati
  15. Mengkoordinasikan dan Menyiapkan bahan laporan pertanggung jawaban keuangan Dinas Koperasi dan UMKM kab. Pati
  16. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas kepada atasan ;
  17. Memberikan saran , pendapat , dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya dan ;
  18. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan atas perintah pimpinan


Sub Bagian Umum dan Kepegawaian 

  1. Menyusun program kerja dan rencana kegiatan bidang umum dan kepegawaian
  2. Merencanakan usulan Anggaran belanja kegiatan di BVidang umum dan Kepegawian
  3. Mempelajari peraturan perundang –undangan dan pedoman pelaksanaan yang berlaku sesuai bidang tugasnya
  4. Menjabarkan perintah atasan dan membagi tugas kepada bawahan
  5. Melaksanakan kerja sama dengan sub bagian lain / Instansi terkait sesuai bidang tugasnya
  6. Memberikan petunjuk dan arahan pelaksanaan tugas bawahan
  7. Memantau , mengevaluasi dan menilai pekerjaan bawahan
  8. Melaksanakan penggandaan , pengiriman surat keluar , pengagendaan surat masuk dan pengelolaan kearsipan
  9. Melaksanakan urusan perlengkapan dan rumah tangga
  10. Menyelenggarakan kegiatan tamu , telepon, ketertiban dan keamanan
  11. Mengatur , Menyelenggarakan dan pengelolaan sarana dan Prasarana Kantor
  12. Mengadakan kegiatan perpustakaan , dokumentasi dan kehumasan
  13. Melaksanakan urusan administrasi perjalanan Dinas
  14. Melaksanakan pengelolaan kepegawaian dan mengurus kesejahteraan pegawai
  15. Mengatur dan menyelenggarakan usulan pengadaan dan penghapusan barang Inventaris
  16. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas kepada atasan
  17. Memberikan saran , pendapat dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya
  18. Melaksanakan tugas tugas kedinasan atas perintah pimpinan



Bidang Pemberdayaan Koperasi 

  1. Merencanakan program kerja dan rencana kegiatan pemberdayaan Koperasi .
  2. Mengusulkan anggaran belanja pelaksanaan kegiatan Pemberda yaan Koperasi .
  3. Mempelajari dan menjabarkan perintah atasan serta peraturan perundang – undangan dan pedoman pelaksanaan / petunjuk teknis sesuai bidang tugasnya ,
  4. Memberikan petunjuk dan arahan kepada bawahan
  5. Membagi dan mendistribusikan tugas kepada bawahan
  6. Memantau , mengevaluasi danmenilai tugas bawahan
  7. Mengadakan koordinasi dengan sekretariat / bidang lain pada unit kerjanya maupun dinas/instansi terkait sesuai dengan bidang tugasnya ;
  8. Merencanakan, mengatur dan mengandalikan teknis operasional kelembagaan dan usaha Koperasi ;
  9. Merencanakan, mengatur dan mengendalikan teknis operasional simpan pinjam
  10. Menilai prestasi kerja bawahan secara berkala melalui system penilaian yang berlaku .
  11. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada atasan sesuai bidang tugasnya ;
  12. Memberikan saran , pendapat , dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya dan
  13. Melaksanakan tugas –tugas kedinasan atas perintah Pimpinan .


Seksi Kelembagaan dan usaha Koperasi 

  1. Menyusun program kerja dan rencana kegiatan kelembagaaan dan usaha Koperasi
  2. Merencanakan usulan anggaran belanja kegiatan kelembagaan dan usaha koperasi
  3. Mempelajari dan menjabarkan perintah atasan ,peraturan perundang – undangan dan petunjuk pelaksanaan / petunjuk teknis yang berlaku sesuai bidang tugasnya ;
  4. Membagi dan mendistribusikan tugas kepada bawahan
  5. Melaksanakan keja sama dengan sub bagian / seksi lain di lingkungan Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Pati
  6. Memberikan petunjuk dan arahan pelaksanaan tugas kepada bawahan .
  7. Memantau , mengevaluasi , dan menilai tugas bawahan
  8. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan orgnisasi serta badan hukum Koperasi ,
  9. Melaksanakan pemrosesan dan pengumuman pengesahan , pendirian , penggabungan , peleburan , pembubaran dan perubahan anggaran dasar koperasi ;
  10. Melaksanakan identifikasi Koperasi primer dan melaksanakan penilaian koperasi berprestasi
  11. Melaksanakan pembubaran dan penyelesaian masalah akibat pembubaran koperasi
  12. Melaksanakan pembinaan penyusunan organisasi , kepengurusan dan manajemen koperasi
  13. Melaksanakan pembinaan administrasi dan ketatalaksanaan serta penyuluhan koperasi ;
  14. Memantau , mengevaluasi dan menilai tugas bawahan
  15. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas kepada atasan
  16. Memberikan saran , pendapat dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya dan
  17. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan atas Perintah pimpinan


Seksi Simpan Pinjam 

  1. Menyusun program kerja dan rencana kegiatan simapan pinjam
  2. Merencanakan usulan Anggaran belanja kegaitan simpan pinjam
  3. Mempelajari dan menjabarkan perintah atasan , peraturan perundang – undangan dan petunjuk pelaksanaan / petunjuk teknis yang berlaku sesuai bidang tugasnya ;
  4. Membagi dan mendistribusikan tugas kepada bawahan ;
  5. Melaksanakan kerja sama dengan sub bagian / seksi lain di lingkungan Dinas Koperasi dan UMKM Kab . Pati
  6. Memberikan petunjuk dan arahan pelaksanaan tugas bawahan ;
  7. Memantau , mengevaluasi dan menilai tugas bawahan ;
  8. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan jaringan serta permodalan koperasi simpan pinjam dan unit simpan pinjam
  9. Menyiapkan bahan rekomendasi pembukaan kator cabang dan unit pelayanan koperasi
  10. Menyiapkan bahan jaringan koperasi simpan pinjam dan unit simpan pinjam koperasi ;
  11. Melaksanakan fasilitasi akses pembiayaan bagi Koperasi simpan pinjam dan unit simpan pinjam Koperasi ;
  12. Menyiapkan bahan petunjuk teknis pengelolaan dana bergulir dan bahan rekomendasi pengajuan dana bergulir ;
  13. Melaksanakan penilaian kesehatan koperasi simpan pinjam / Unit simpan pinjam koperasi ;
  14. Melaksanakan Pembinaan pengelolaan dana bergulir pada koperasi simpan pinjam dan unit simpan pinjam koperasi
  15. Melaksanakan pembinaaan laporan keuangan konsolidasi kantor cabang koperasi simpan pinjam dan unit simpan pinjam .
  16. Melaksankan pembinaan pengelolaan , administrasi dan usaha koperasi simpan pinjam dan unit simpan pinjam koperasi
  17. Melaksanakan pembinaan standar operasional manajemen (SOM) Dan standar operasional Prosedur (SOP) Koperasi simpan pinjam dan Unit simpan pinjam koperasi .
  18. Melaksanakan pembinaan peningkatan modal internal , kualitas aktiva produktif , manajemen , likuiditas koperasi simpan pinjam dan unit simpan pinjam serta koperasi simpan pinjam dan unit simpan pinjam calon penerima pembiayaan permodalan ;
  19. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas kepada atasan ;
  20. Memberikan saran , pendapat dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya
  21. Melaksanakan tugas – tugas kedianasan atas perintah pimpinan



Bidang pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah 

  1. Merencanakan program kerja dan rencana kegiatan bidang pemb